Cara Kuasai Rumus Dasar Microsoft Excel dalam Sekejap, Panduan untuk Pemula!

- Co-Author

Selasa, 2 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bizzyantum – Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak spreadsheet yang paling banyak digunakan di dunia. Kemampuannya dalam mengolah data dan membuat analisis menjadikan Excel sebagai alat bantu yang esensial bagi berbagai sektor, mulai dari pelajar, pebisnis, hingga profesional di berbagai bidang. Bagi para pemula, Excel mungkin terkesan rumit dan penuh dengan formula yang membingungkan. Namun, dengan memahami beberapa rumus dasar, Anda dapat membuka gerbang menuju pemanfaatan Excel yang lebih luas dan maksimal. Panduan singkat ini akan membantu Anda menguasai rumus dasar Microsoft Excel dalam sekejap, sehingga Anda dapat mulai mengolah data dan membuat analisis dengan mudah.

Memahami Konsep Dasar Rumus Excel

Sebelum kita mulai mempelajari berbagai macam rumus yang ada di Excel, sangat penting untuk terlebih dahulu memahami beberapa konsep dasar yang merupakan fondasi dari penggunaan Excel itu sendiri. Pertama-tama, mari kita bahas tentang sel, yaitu unit terkecil di dalam Excel yang memiliki fungsi untuk menampung berbagai jenis data. Setiap sel di Excel memiliki identitas yang disebut dengan koordinat, seperti A1, B2, atau C3, yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi dan mengakses data yang ada di dalamnya.

Baca Juga :  Menjadi Ahli Excel Dengan Cepat? Begini Caranya!

Selanjutnya, kita perlu memahami apa itu rumus. Rumus adalah sebuah ekspresi yang di gunakan untuk melakukan berbagai perhitungan atau operasi matematis pada data yang ada dalam sel. Setiap rumus di Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=), yang menandakan bahwa apa yang kita ketik adalah sebuah perintah perhitungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kemudian, ada istilah argumen yang merujuk pada nilai atau referensi sel yang kita gunakan di dalam rumus. Argumen ini bisa berupa angka atau alamat sel lain yang di pisahkan oleh tanda koma (,). Setiap rumus bisa memiliki satu atau lebih argumen tergantung pada jenis perhitungannya.

Terakhir, mari kita bahas tentang referensi sel. Ini adalah cara kita untuk menunjuk atau merujuk ke sel lain dalam sebuah rumus. Referensi sel bisa bersifat absolut, yang artinya referensi tersebut tetap sama meskipun rumusnya di salin ke sel lain, atau relatif, yang artinya referensi tersebut akan menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan posisi baru rumus tersebut ketika di salin ke sel lain.

Baca Juga :  Semakin Populer, Ini Dia Fakta Menarik Makam Batoro Katong Ponorogo 

Jenis-Jenis Rumus Dasar Excel

Excel menyediakan berbagai jenis rumus yang dapat di gunakan untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa rumus dasar yang paling umum di gunakan:

rumus dasar Microsoft Excel

  • Penjumlahan: Digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam beberapa sel. Rumus penjumlahan adalah =SUM(range), di mana range adalah rentang sel yang ingin di jumlahkan.
  • Pengurangan: Digunakan untuk mengurangi nilai dalam satu sel dari nilai di sel lain. Rumus pengurangan adalah =A1-B1, di mana A1 dan B1 adalah sel yang ingin di kurangi.
  • Perkalian: Di gunakan untuk mengalikan nilai dalam dua atau lebih sel. Rumus perkalian adalah =A1*B1*C1, di mana A1, B1, dan C1 adalah sel yang ingin di kalikan.
  • Pembagian: Di gunakan untuk membagi nilai dalam satu sel dengan nilai di sel lain. Rumus pembagian adalah =A1/B1, di mana A1 dan B1 adalah sel yang ingin di bagi.
  • Rata-rata: Di gunakan untuk menghitung rata-rata nilai dalam beberapa sel. Rumus rata-rata adalah =AVERAGE(range), di mana range adalah rentang sel yang ingin di hitung rata-ratanya.
Baca Juga :  Rahasia Blogger Sukses: Membangun Personal Branding yang Kuat

Cara Menerapkan Rumus Dasar Excel

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk menerapkan rumus di Excel:

1.      Pilih Sel untuk Hasil Rumus

Pertama, kamu perlu memilih sel di mana kamu ingin menampilkan hasil dari rumus yang akan kamu buat. Caranya gampang, cukup klik pada sel yang kamu inginkan.

2.      Masukkan Tanda Sama Dengan (=)

Setelah memilih sel, ketik tanda sama dengan (=) di dalam sel tersebut. Tanda ini memberi tahu Excel bahwa kamu akan memasukkan sebuah rumus.

3.      Ketik Rumus yang Kamu Butuhkan

Sekarang, ketik rumus yang ingin kamu gunakan. Jangan lupa untuk menyertakan argumen atau data yang di perlukan dalam rumus tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka di sel A1 dan B1, ketikkan =A1+B1.

4.      Tekan Enter

Setelah mengetikkan rumus, tekan tombol Enter pada keyboardmu. Excel akan menghitung rumus tersebut dan menampilkan hasilnya di sel yang kamu pilih tadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa mulai menggunakan rumus dasar microsoft Excel untuk membantu pekerjaanmu. Semoga bermanfaat!

Posting Terkait

Kuasai Excel dengan Cepat! 10 Tips Singkat untuk Bekerja Lebih Efisien
Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar, Fresh Graduate Wajib Tahu
Kuasai 7 Aplikasi Microsoft Office Ini dan Jadilah Ahli Perkantoran Modern
Cara Mempelajari Keahlian Microsoft Excel untuk Sains dan Riset
Cara Melacak dan Menganalisis Kinerja Kampanye Marketing Anda dengan Excel
Analisis Data Dengan Excel: Jadilah Detektif Data yang Handal
Kuasai Akuntansi dengan Excel, Panduan Lengkap untuk Pemula dan Profesional!
Kuasai Makro Excel Untuk Menghemat Waktu Dan Tenaga Anda

Posting Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 16:04 WIB

Kuasai Excel dengan Cepat! 10 Tips Singkat untuk Bekerja Lebih Efisien

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:58 WIB

Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar, Fresh Graduate Wajib Tahu

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:07 WIB

Kuasai 7 Aplikasi Microsoft Office Ini dan Jadilah Ahli Perkantoran Modern

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:02 WIB

Cara Melacak dan Menganalisis Kinerja Kampanye Marketing Anda dengan Excel

Selasa, 9 Juli 2024 - 10:41 WIB

Analisis Data Dengan Excel: Jadilah Detektif Data yang Handal

Senin, 8 Juli 2024 - 06:18 WIB

Kuasai Akuntansi dengan Excel, Panduan Lengkap untuk Pemula dan Profesional!

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:01 WIB

Kuasai Makro Excel Untuk Menghemat Waktu Dan Tenaga Anda

Jumat, 5 Juli 2024 - 08:32 WIB

XLOOKUP dan VLOOKUP: Duel Fungsi Excel untuk Pencarian Data yang Lebih Akurat

Posting Terbaru

ArtHome

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Jul 2024 - 06:52 WIB