Digital Marketing 2023, Solusi Agar Bisnismu Naik Daun.

- Co-Author

Jumat, 8 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gambar ilustrasi digital marketing diambil dari https://publicdomainvectors.org/id/bebas-vektor/Pemasaran-digital/50082.html

i

Gambar ilustrasi digital marketing diambil dari https://publicdomainvectors.org/id/bebas-vektor/Pemasaran-digital/50082.html

Bizzy.my.id – Ingin perusahaan yang sedang kamu geluti naik daun? Solusinya dengan menerapkan sistem digital marketing. Dimana saat ini, sistem tersebut mulai diadopsi oleh perusahaan kecil hingga besar karena menghadirkan kemudahan.

Selain itu pula, pihak perusahaan dapat menghemat biaya untuk promosi dan dapat menjangkau dunia pasaran lebih luas. Bahkan mampu melejitkan awareness produk perusahaan hanya melalui media sosial.

Untuk kamu yang ingin menerapkan sistem keren ini, maka perlu mengetahui seluk-beluk bidang tersebut. Yuk, segera kepoin penjelasan lebih lengkapnya dengan pantengin artikel keren ini. Yuk, Simak Selengkapnya!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Apakah Yang Dimaksud Dengan Pemasaran Digital?

Ingin menggunakan sistem terkini dalam memasarkan produkmu? Namun, masih mengalami kebingungan dengan istilah pemasaran digital? Tak perlu khawatir, disini mimin akan memberikan solusi lebih jelas dan detail mengenai apa itu digital marketing?

Jika merujuk dari pendapat dari Rob Thompson dan Tren Jackers menyebutkan bahwa sistem ini memiliki manfaat dalam meningkatkan omset pemasaran. Dimana hanya menggunakan media online untuk berinteraksi dalam mengenalkan produk atau jasa.

Dapat menarik kesimpulan bahwa aktivitas yang berhubungan erat dengan dunia internet untuk meraih calon pembeli dan inilah kehebatannya?

 

Dapat Menjangkau Pangsa Pasar

Digital marketing merupakan aktivitas yang sangat memudahkan para pelaku bisnis dalam meningkatkan target pasar. Kegiatan inilah yang pada akhirnya dapat membuat produk atau jasa yang kamu miliki menjadi booming.

Baca Juga :  Strategi Memilih Produk Tepat untuk Bisnis Dropshipping Lintas Negara

Saking hebatnya, strategi ini mampu menembus pangsa pasar di luar negeri dengan mudah dan efisien. Bisa dibayangkan, bukan? Hanya bermodal internet dan perangkat elektronik canggih bisnis atau perusahaan yang dirintis menjadi besar.

Penjualan Meningkat

Sebuah strategi yang sangat luar biasa, dimana hanya duduk manis didepan perangkat elektronik mampu menjangkau pasar mancanegara. Bahkan omset penjualan yang didapat pun bisa meningkat. Apalagi jika pihak penjual, memberikan sejumlah testimoni produk, pastinya hal tersebut akan memikat calon konsumen.

Biaya Pemasaran Dapat Ditekan

Salah satu solusi terkini bagi para pebisnis yang minim dana adalah dengan menggunakan pemasaran digital. Dimana perusahaan atau pelaku bisnis dapat menetapkan anggaran budget sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh digital marketing dengan menggunakan jasa instagram ADS. Dimana pihaknya akan menawarkan pilihan paket promosi harian hingga bulanan. Cukup dengan budget yang terjangkau dapat bermitra dengan jasa periklanan.

Nah, bagaimana? Apakah penjelasan mimin sudah dipahami dan dimengerti? Lalu sudah siapkah kamu memulai belajar strategi bisnis ini?

Macam-Macam Digital Marketing

Bila kamu sudah paham mengenai, kini saatnya mengupas tuntas jenis pemasaran digital. Sebab sejatinya pemasaran digital bukan hanya melakukan aktivitas menjual barang di website atau di sosial saja.

Namun, terdapat beragam jenis dari pemasaran digital yang perlu kamu ketahui, hal ini agar bisa melakukan strategi penjualan via online dengan baik. Itulah mengapa sebelum melakukan siasat marketing perlu mengetahui secara seksama mengenai jenisnya.

Strategi pemasaran marketing terdapat banyak jenisnya yang harus dipelajari,seperti SEM, SEO, Email Marketing dan Media Sosial. Kamu juga harus tahu bahwa semua strategi tersebut dirangkum menjadi tiga jenis, diantaranya adalah:

Owned

Salah satu jenis pemasaran digital jenis ini, yaitu mengelola dan mengendalikan semua media sosial. Untuk contoh dari owned digital marketing adalah email,blog, halaman sosial, website dan aplikasi.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem? Perlu Waspadai Dampak Kesehatan Bagi Tubuh, Kepoin Informasinya

Earned

Jenis pemasaran yang menawarkan konten dengan tujuan untuk memasarkan dan menginformasikan produk. Namun, jenis pemasaran model ini tidak membutuhkan izin dari sang pemilik.

Bahkan promosi yang dilakukan pun tak akan mengeluarkan dana sedikitpun. Sebagai contoh model liputan media yang membahas bisnis, review, penyebutan nama brand di sosial media dan membagikan konten dengan gratis.

Jenis digital marketing yang terakhir adalah penyebaran iklan yang ada di media sosial. Contohnya adalah Twitter ads, iklan ppc, Remarketing, Facebook, Instagram ads dan Google ads.

 

Aplikasi Digital Marketing

Pemasaran via online tak lepas dari yang namanya aplikasi, dimana platform tersebut merupakan wadah untuk para pebisnis. Dengan adanya platform tersebut, maka pemilik usaha akan mudah dalam menawarkan produk atau jasanya.

Sebelum kamu melangkah lebih jauh, sebaiknya pahami terlebih dahulu mekanisme dari platform tersebut. Agar nantinya kamu bisa mendapatkan omset berlimpah hanya dengan media online.

Nah, inilah saatnya kamu bisa belajar digital marketing dengan maksimal. Daripada kamu penasaran segera intip informasinya, yaitu:

Web Based

Jenis pemasaran ini perpaduan antara teknologi web dan teknik marketing dan tentunya dibekali dengan perangkat elektronik canggih. Contoh perangkat tersebut adalah laptop, smartphone, komputer dan tablet.

APP Based

Pastinya kamu tak asing dengan istilah mobile marketing, dimana strategi pemasarannya menggunakan aplikasi. Platform tersebut bisa kamu dapatkan bila mendownload pada perangkat elektronik.

Dua strategi digital marketing ini, bisa kamu terapkan secara bersamaan, hal ini sangat membantu bisnis yang sedang dijalankan. Sebab mampu menggaet calon customer dengan mudah dan tentunya akan mendapatkan hasil memuaskan.

Siasat Digital Marketing

Agar usaha kamu tak sia-sia, maka pelaku bisnis wajib menerapkan strategi digital marketing. Sistem ini pun cukup populer di kalangan para pelaku bisnis yang biasa diterapkan pada perusahaan besar hingga UMKM, intip ulasannya

Baca Juga :  Mau Tahu Tren Pendidikan Di Indonesia? Intip Ulasannya

Search Engine Optimization

Cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk strategi marketing, yaitu dengan  menggunakan SEO. Teknik ini mampu membawa web yang kamu miliki menjadi trending dan masuk ke peringkat teratas. Agar web kamu masuk dalam halam pencarian, pastikan untuk menerapkan tiga strategi, yaitu on page SEO, off page SEO dan technical SEO.

Search Engine Marketing

Agar web kamu dikunjungi oleh para pengguna internet, maka bisa bermitra dengan jasa periklanan. Strategi digital marketing ini akan mempromosikannya melalui halaman mesin pencari. Namun, jika kamu memilih cara tersebut, untuk meningkatkan website, maka persiapkanlah budget.

Social Media Marketing

Kamu bisa menggunakan media sosial dalam berinteraksi dengan calon pelanggan. Selain itu pula, kamu berkesempatan untuk memasarkan konten produk. Contohnya youtube, FB, IG dan Tiktok.

Iklan Online

Agar bisa menjangkau calon customer atau audience, maka membutuhkan digital advertising. Dimana aktivitas ini berhubungan dengan iklan pemasaran di media online berbayar. Tentunya dengan menggunakan platform supaya menghasilkan target.

Affiliate Marketing

Salah satu pemasaran yang saat ini sedang populer di kalangan pelaku bisnis adalah dengan menggunakan teknik affiliate marketing. Dimana merek yang bisa mempromosikannya dan dapat menggaet pembeli untuk membeli, maka akan mendapatkan sejumlah cuan.

Email Marketing

Agar bisa menggaet calon customer, para pemilik usaha melakukan teknik dalam menggunakan email. Dengan begitu, mereka dapat berkomunikasi secara langsung kepada pelanggan via email. Ternyata cukup mudah,bukan? menggunakan digital marketing sebagai media untuk promosi usaha

Content Marketing

Kamu jago dalam membuat konten? Nah, kesempatan ini bisa kamu jadikan dalam menggaet customer. Cukup dengan membuat konten lucu dan menarik pastinya akan membuat calon customer penasaran dan pada akhirnya meminang produk.

Penutup

Digital marketing salah satu teknik pemasaran yang cukup mengasyikkan dan booming ketika dunia sedang mengalami pandemi. Dimana hanya bisa beraktivitas di dunia maya, awalnya cukup membosankan, namun pada akhirnya menggeser pemasaran konvensional

Satu kata yang bisa diambil dalam hal ini, yaitu Apa yang dipelajari digital marketing? Tentunya cara agar bisa mendapatkan customer dan dapat melejitkan omset dengan menggunakan media sosial. Untuk kamu yang masih kebingung mengenai pemasaran ini dapat mengaksesnya di Youtube. Apa itu digital marketing sebenarnya?

Posting Terkait

Panduan Menguasai Tools dan Ribbon Microsoft Word Dengan Cepat
Jago Microsoft Word? Taklukan Dengan 5 Langkah Jitu Ini!
10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula
5 Trik Sulap Mengubah Dokumen Word Biasa Menjadi Luar Biasa
Jelajahi Fitur Kolom di Microsoft Word untuk Kreasi Tanpa Batas
Cara Atur Spasi di Word Agar Tampilan Dokumen Menawan
Tips Mendesain Tabel di Word Yang Menarik
Rahasia Menerjemahkan Dokumen Word Tanpa Mengubah Format

Posting Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 12:36 WIB

Panduan Menguasai Tools dan Ribbon Microsoft Word Dengan Cepat

Jumat, 14 Juni 2024 - 10:24 WIB

Jago Microsoft Word? Taklukan Dengan 5 Langkah Jitu Ini!

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:59 WIB

10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:56 WIB

5 Trik Sulap Mengubah Dokumen Word Biasa Menjadi Luar Biasa

Selasa, 11 Juni 2024 - 09:57 WIB

Jelajahi Fitur Kolom di Microsoft Word untuk Kreasi Tanpa Batas

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:39 WIB

Tips Mendesain Tabel di Word Yang Menarik

Sabtu, 8 Juni 2024 - 11:09 WIB

Rahasia Menerjemahkan Dokumen Word Tanpa Mengubah Format

Jumat, 7 Juni 2024 - 11:21 WIB

Mengapa Usaha Kelompok Layak Mendapat Dana Pemerintah?

Posting Terbaru

Tech

10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula

Kamis, 13 Jun 2024 - 09:59 WIB