Fakta Menarik Dibalik Pembangunan Bandara Dhoho Kediri

- Co-Author

Kamis, 30 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bizzy.my.id  – Bandara Dhono Kediri merupakan salah satu bandara pertama yang dibangun tanpa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sebab bandara ini dibangun oleh pihak swasta yakni PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya yaitu PT Surya Dhoho Investama.

Lokasi Bandara Dhono

Sejarah Bandara Surya Dhoho Kediri  yang terletak di Desa Sawah, Grogol, Kediri membuat bandara ini cukup populer di kalangan masyarakat. Sebab dengan adanya bandara ini, masyarakat Kediri tidak perlu ke bandara Juanda saat akan pergi ke luar kota. Hal inilah yang menyebabkan bandara ini cukup populer.

Hingga saat ini pembangunan bandara terus dilakukan. Meskipun demikian, bandara tetap beroperasi dengan normal. Bahkan sudah banyak orang Kediri yang melakukan perjalanan melalui bandara Dhono. Terlebih keberadaan bandara cukup mudah untuk ditemui.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dibalik pembangunannya yang hampir selesai, ternyata bandara ini menyimpan sejumlah fakta menarik. Dimana fakta menarik inilah yang menyebabkan banyak orang penasaran, sehingga mencoba penerbangan melalui bandara Dhono.

Baca Juga :  7+ Ide Bisnis Jasa yang Terbukti Menguntungkan

7 Fakta Menarik Bandara Dhono Kediri yang Memikat Hati Masyarakat

Terletak sekitar 12 km dari kota Kediri, membuat bandara kian populer di kalangan masyarakat luas. Terlebih keberadaan bandara dapat mempercepat mobilitas masyarakat yang berasal dari Kediri, Nganjuk dan sekitarnya. Berikut sejumlah fakta menarik yang terdapat di bandara ini:

1.Berfungsi Sebagai Penerbangan Haji dan Umroh

Rencananya bandara ini juga berfungsi sebagai penerbangan haji dan umroh. Bahkan Kementerian Perhubungan sedang berusaha mewujudkan rencana tersebut. Namun hasil keputusan nantinya bergantung pada Dirjen Perhubungan Udara Arab Saudi.

Jika rencana ini mendapat persetujuan dari Dirjen Perhubungan Udara Arab Saudi, maka masyarakat Kediri dan sekitarnya tidak perlu datang ke bandara Juanda saat akan melakukan perjalanan menuju Mekkah. Terlebih pemerintah Kediri juga berharap agar hal ini terealisasi.

2. Mampu Menampung Penumpang Sekitar 10 Juta Orang

Bandara Dhono Kediri
Bandara Dhono Kediri (Dok. Istimewa)

Lokasinya yang cukup luas, membuat bandara ini memiliki daya tampung sekitar 10 juta penumpang setiap tahunnya. Mengigat kapasitas tersebut juga sebanding dengan Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan demikian bandara ini terbilang cukup luas.

Sesuai dengan kesepakatan dengan PT Gudang Garam, bandara ini nanti akan dikelola oleh PT Angkasa Pura I . Dengan demikian daftar bandara yang di bawah naungan PT Angkasa Pura I akan bertambah, sehingga tidak heran jika bandara yang satu ini kian populer.

Baca Juga :  Sejarah Bandara Dhoho Kediri yang Berhasil Menarik Perhatian Masyarakat 

3. Sempat Mendapat Gugatan dari Masyarakat

Meskipun pembangunan dari bandara ini hampir selesai, namun proses pembuatannya tidaklah mudah. Sebab masyarakat Grogol yang menempati lokasi tersebut sempat melayangkan gugatan kepada PT Gudang Garam Tbk. dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri.

Gugatan ini masyarakat layangkan karena harga jual tanah yang rendah. Perusahaan hanya membeli tanah milik masyarakat sekitar Rp 1,3 juta per meter. Sementara itu, masyarakat meminta agar perusahaan membeli tanah miliknya sekitar Rp 3 juta per meter.

4. Biaya Pembangunan Cukup Fantastis

Pembangunan bandara ini memakan biaya yang cukup fantastis hingga Rp10,8 triliun. Meskipun sumber dana berasal dari PT Gudang Garam, namun pembangunan bandara berdasarkan kerjasama dari berbagai belah pihak. Bahkan setiap perusahaan memiliki peran sendiri-sendiri.

Berkat kerjasama pemerintah, PT Gudang Garam dan perusahaan lainnya bandara Internasional Dhoho Kediri berhasil memikat banyak masyarakat. Bahkan banyak masyarakat yang telah mempercayakan perjalannya dengan bandara ini, baik masyarakat Kediri ataupun kota lainnya.

5. Mempersingkat Perjalanan Masyarakat

Jika ingin keluar kota, sebelumnya masyarakat Kediri dan sekitarnya harus ke bandara Juanda terlebih dahulu. Namun karena keberadaan bandara ini, masyarakat tidak perlu ke bandara Juanda saat akan ke luar kota. Dengan demikian waktu perjalanan akan lebih singkat.

Baca Juga :  Manfaat SEO dan SEM dalam Digital Marketing serta Perbedaannya

Waktu tempuhnya yang singkat, membuat masyarakat Kediri bersyukur atas keberadaan bandara Dhono Kediri. Terlebih waktu perjalanan yang harusnya lama, kini bisa Anda lakukan dengan waktu yang cepat. Bahkan perjalanan ke luar kota akan terasa lebih menyenangkan.

6. Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat dan juga pengusaha selalu berusaha dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini akan segera terwujud dengan adanya peningkatan SDM atau Sumber Daya Manusia

Pihak pengelola bandara kini juga berusaha dalam mencari tenaga kerja. Sebab tenaga kerja inilah yang nantinya akan memberikan pelayanan penuh kepada seluruh pengunjung bandara. Jika SDM terpenuhi dengan baik, maka pengunjung akan merasa nyaman.

7. Fasilitas Lengkap

Sejak pertama kali berdiri, bandara ini memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas ini nantinya bisa pengunjung gunakan saat menunggu jam terbang ataupun saat berada di bandara. Bahkan bandara ini juga memiliki tempat parkir khusus untuk memarkirkan kendaraan milik pengunjung bandara.

Selain itu, terdapat lapangan golf yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menunggu jam terbang. Berbagai fasilitas inilah yang menyebabkan bandara Dhono Kediri cukup populer di kalangan masyarakat luas.

Beberapa informasi ini harus Anda pahami dengan baik. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kebingungan saat melakukan penerbangan melalui bandara Dhono Kediri. Setelah memahami informasi ini dengan baik, momen perjalanan akan terasa lebih menyenangkan.

Posting Terkait

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?
Cara Menghitung Weton Jawa untuk Mengetahui Jodoh, Calon Pengantin Harus Tahu!
Mitos Bulan Suro yang Populer di Kalangan Masyarakat Jawa, Benarkah Tidak Boleh Dilanggar?
Prosesi Pernikahan Adat Bali yang Masih Populer di Zaman Modern
Bocoran Terbaru Menteri Prabowo-Gibran dari Elite TKN
Pelita Prabu Berkomitmen untuk Mewujudkan Politik Bersih di Jawa Timur
Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur
Isu Banjir Impor Akibat Program Makan Siang Gratis Prabowo, TKN Angkat Suara

Posting Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:52 WIB

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:00 WIB

Cara Menghitung Weton Jawa untuk Mengetahui Jodoh, Calon Pengantin Harus Tahu!

Senin, 8 Juli 2024 - 15:28 WIB

Mitos Bulan Suro yang Populer di Kalangan Masyarakat Jawa, Benarkah Tidak Boleh Dilanggar?

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:16 WIB

Prosesi Pernikahan Adat Bali yang Masih Populer di Zaman Modern

Minggu, 19 Mei 2024 - 19:49 WIB

Bocoran Terbaru Menteri Prabowo-Gibran dari Elite TKN

Rabu, 15 Mei 2024 - 10:29 WIB

Pelita Prabu Berkomitmen untuk Mewujudkan Politik Bersih di Jawa Timur

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:46 WIB

Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur

Selasa, 14 Mei 2024 - 06:04 WIB

Isu Banjir Impor Akibat Program Makan Siang Gratis Prabowo, TKN Angkat Suara

Posting Terbaru

ArtHome

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Jul 2024 - 06:52 WIB