Hasil Panen Lebih Melimpah, Inilah Cara Menanam Buah Naga dengan Mudah

- Co-Author

Selasa, 9 Januari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Buah naga menjadi salah satu tanaman yang seringkali dibudidayakan di Indonesia. Terlebih harga buah naga cukup stabil, sehingga akan menguntungkan jika dimanfaatkan sebagai usaha. Terlebih cara menanam buah naga tidak terlalu sulit.

Cara Menanam Buah Naga dengan Mudah

Saat ini sudah banyak daerah-daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan buah naga dengan kualitas unggulan. Bahkan tak jarang banyak masyarakat yang menjadikan buah naga sebagai ide usaha. Bagi Anda yang ingin menanam buah naga bisa mengikuti cara berikut ini:

1. Pilih Bibit Buah Naga yang Berkualitas

Bibit buah naga menjadi poin yang penting yang harus Anda perhatikan. Sebab bibit yang berkualitas akan menghasilkan panen melimpah. Bahkan banyak orang berpendapat bahwa bibit mempengaruhi hasil panen. Semakin bagus bibit buah, maka hasil panen akan lebih bagus.

Secara umum, bibit buah naga bisa Anda dapatkan dengan dua cara. Cara pertama melalui stek batang, cara kedua melalui biji. Meskipun demikian, banyak petani yang lebih memilih stek batang. Sebab stek batang jauh lebih mudah dan waktu panen lebih cepat.

2. Pilih Lokasi Tanam yang Tepat

Setelah memilih bibit yang berkualitas unggul, Anda harus memilih lokasi tanam yang tepat. Sebab tidak semua daerah bisa digunakan untuk budidaya buah naga. Buah naga sendiri bisa tumbuh dan berkembang di daerah tropis dengan ketinggian 0-300 M di atas permukaan laut.

Tidak hanya itu saja, buah naga juga bisa tumbuh di tempat yang datar. Bahkan Anda harus memilih lahan yang bisa tersorot sinar matahari secara langsung. Sebab batang buah dapat membusuk jika tidak mendapatkan sinar matahari dengan cukup.

3. Buat Tiang Panjat

Cara menanam buah naga dengan benar
Cara menanam buah naga dengan benar (Foto: Faunatis.com)

Saat musim hujan tiba, batang buah naga akan mudah roboh. Oleh karena itu, Anda harus membuat tiang panjat. Hal ini bertujuan agar barang naga lebih kuat saat intensitas hujan tinggi. Tiang untuk penyangga batang bisa Anda buat dari kayu, bambu ataupun semen cor.

Agar batang naga lebih kuat, Anda bisa menanam tiang sedalam 50 cm. Dengan demikian, batang naga akan lebih kuat meskipun intensitas hujan tinggi. Selain itu, Anda bisa membuat tiang dengan jarak sekitar 3 cm agar proses panen lebih mudah.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Bahan Bangunan Dari Segi Estetika Dan Konstruksi

4. Buat Lubang Tanam dengan Benar

Selain membuat tiang panjat, Anda juga harus membuat lubang untuk menanam naga. Selain itu, usahakan untuk membuat lubang sedalam 25 cm. Secara umum, petani akan membuat 4 lubangan dalam 1 tiang panjat. Namun, jarak tanam juga harus diperhatikan dengan benar.

Sebelum menanam buah naga, Anda bisa memberikan pupuk kandang terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tanaman lebih subur. Selain itu, diamkan lubang selama 1 hari. Setelah itu, tanam buah naga secara berkala agar proses tanam lebih maksimal.

Cara Merawat Tanaman Naga dengan Baik

Meskipun cara menanam buah naga terbilang cukup mudah, Anda juga harus merawatnya. Hal ini bertujuan agar hasil panen lebih melimpah. Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk merawat tanaman buah naga, yakni:

1. Menghilangkan Hama

Dalam sektor pertanian, hama menjadi salah satu persoalan yang merugikan. Sebab hama dapat merusak tanaman, sehingga tak jarang hasil panen menurun. Oleh karena itu, Anda harus menghilangkan Hama dengan beberapa cara. Mengingat hama pada buah naga cukup banyak.

Baca Juga :  Dijamin Untung, Inilah Tips Sukses Bisnis Snack Kiloan

Meskipun cara menanam buah naga cukup mudah, namun Anda harus waspada terhadap hewan- hewan seperti burung dan kelelawar. Sebab hewan-hewan tersebut seringkali merusak buah naga, sehingga Anda harus melakukan beberapa cara agar buah naga tidak diserang hama.

2. Pangkas Tanaman yang Tidak Normal

Meskipun Anda sudah menanam buah naga dengan baik, terkadang tanaman tidak nisa tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pemangkasan jika tanaman naga tidak tumbuh normal. Secara umum, permasalahan ini akan muncul di musim panas.

Sementara di musim hujan, tanaman naga lebih rawan terjadi pembusukan. Oleh karena itu, Anda harus memangkas tanaman yang sudah membusuk. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan gunting tajam. Tujuannya agar tanaman yang busuk tidak menyebar luas.

3. Pemupukan

Meskipun cara menanam buah naga terbilang cukup mudah, Anda juga harus merawat tanaman dengan baik. Tujuannya agar hasil panen lebih melimpah dan menguntungkan. Salah satu cara yang wajib Anda lakukan yaitu memberikan pupuk secara berkala pada tanaman buah naga.

Pada saat memberikan pupuk pada tanaman, usahakan untuk memilih pupuk organik. Hal ini bertujuan agar tanah tidak rusak, serta lingkungan sekitar tidak mengalami pencemaran. Sebab penggunaan pupuk non-organik yang berlebihan dapat merusak kondisi lingkungan.

Beberapa cara menanam buah naga tersebut bisa Anda terapkan. Namun, usahakan untuk menerapkannya dengan benar. Hal ini bertujuan agar hasil panen lebih melimpah, sehingga keuntungan yang didapat lebih besar. Mengingat peminat buah naga cukup tinggi.

Posting Terkait

Panduan Menguasai Tools dan Ribbon Microsoft Word Dengan Cepat
Jago Microsoft Word? Taklukan Dengan 5 Langkah Jitu Ini!
10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula
5 Trik Sulap Mengubah Dokumen Word Biasa Menjadi Luar Biasa
Jelajahi Fitur Kolom di Microsoft Word untuk Kreasi Tanpa Batas
Cara Atur Spasi di Word Agar Tampilan Dokumen Menawan
Tips Mendesain Tabel di Word Yang Menarik
Rahasia Menerjemahkan Dokumen Word Tanpa Mengubah Format

Posting Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 12:36 WIB

Panduan Menguasai Tools dan Ribbon Microsoft Word Dengan Cepat

Jumat, 14 Juni 2024 - 10:24 WIB

Jago Microsoft Word? Taklukan Dengan 5 Langkah Jitu Ini!

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:59 WIB

10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:56 WIB

5 Trik Sulap Mengubah Dokumen Word Biasa Menjadi Luar Biasa

Selasa, 11 Juni 2024 - 09:57 WIB

Jelajahi Fitur Kolom di Microsoft Word untuk Kreasi Tanpa Batas

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:39 WIB

Tips Mendesain Tabel di Word Yang Menarik

Sabtu, 8 Juni 2024 - 11:09 WIB

Rahasia Menerjemahkan Dokumen Word Tanpa Mengubah Format

Jumat, 7 Juni 2024 - 11:21 WIB

Mengapa Usaha Kelompok Layak Mendapat Dana Pemerintah?

Posting Terbaru

Tech

10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula

Kamis, 13 Jun 2024 - 09:59 WIB