10 Tren Konten Digital Marketing 2023 Populer, Apa saja?

- Co-Author

Minggu, 19 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Konten Digital Marketing 2023 (Pexels @Mikael Blomkvist)

i

Konten Digital Marketing 2023 (Pexels @Mikael Blomkvist)

i Bizzy.my.id  –  Tren konten digital marketing 2023 membawa perubahan signifikan dalam pendekatan pemasaran online. Diperkirakan bahwa lebih banyak perusahaan akan fokus pada konten yang lebih dinamis, interaktif, dan personal. 

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, penggunaan teknologi seperti kecerdasan buatan dan analitik canggih akan menjadi landasan strategi konten digital marketing 2023, memungkinkan personalisasi yang lebih mendalam. 

Selain itu, konten video diprediksi akan tetap mendominasi, dengan platform baru dan inovatif muncul sebagai narasi visual yang lebih kuat. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baca juga: 5 Ciri Konten Digital Marketing Anda Sukses, Simak Disini!

Konten Digital Marketing 2023 (Pexels @fauxels)
Konten Digital Marketing 2023 (Pexels @fauxels)

1. Video Shorts 

Pembuatan video konten singkat di platform seperti TikTok dan Instagram Reels semakin umum, terutama dalam mempromosikan produk bisnis.

Menyajikan konten menarik menjadi kunci, sambil mengikuti tren storytelling atau situasi sehari-hari yang sedang populer.

Penting untuk membuat kesan positif dalam 5 atau 10 detik pertama agar konsumen tertarik. Sesuaikan pendekatan ini dengan kategori produkmu untuk hasil yang lebih efektif.

2. Live Streaming

Saat ini live streaming menjadi metode pemasaran online yang unik dan efektif untuk menarik penonton dan meningkatkan pembelian.

Baca Juga :  Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing Specialist

Live streaming memberikan keuntungan karena penjual dapat secara langsung menunjukkan produk asli, meningkatkan kepercayaan dan minat pembeli. 

Platform populer untuk live streaming meliputi TikTok dan situs e-commerce. Selain itu, konsumen dapat mengajukan pertanyaan langsung, meningkatkan interaksi aktif antara penjual dan pembeli.

3. Sosial Media Ads

Meskipun sudah umum, penggunaan iklan di sosial media tetap menjadi tren konten marketing 2023 dan pilihan utama bagi pemilik bisnis. Berbagai platform sosial media menawarkan iklan berbayar sebagai sarana efektif dan efisien.

Untuk mempromosikan produk dan merek. Fitur iklan memungkinkan pemilik bisnis menentukan target audiens dengan mudah, memperkuat konektivitas dengan konsumen.

4. Influencer Marketing

Pengaruh influencer kini menjadi hal yang tak asing lagi. Selain meningkatkan kesadaran, influencer memiliki kemampuan untuk memotivasi pengikutnya agar tertarik dan membeli produk yang direview oleh mereka.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa penempatan produk harus sesuai dengan citra yang dibangun oleh influencer target.

Ini memerlukan riset yang cermat, termasuk faktor-faktor seperti tingkat keterlibatan, target pasar, jumlah pengikut, dan pertimbangan lainnya.

5. Podcast

Mempromosikan produk melalui podcast kini menjadi pilihan menarik bagi para pemilik bisnis. Indonesia menempati peringkat kedua dunia dalam jumlah pendengar podcast menurut Databoks. 

Baca Juga :  Yuk, Mengenal Jenjang Karir Digital Marketing, Gaji dan Bidangnya

Podcast menawarkan pembahasan fokus dengan durasi yang lebih panjang, menciptakan kesempatan untuk memperkenalkan produk secara mendalam. 

Kini, banyak podcast yang berupa video di platform seperti YouTube, memungkinkan audiens melihat produk secara visual selama proses promosi.

6. User Generated Content

User Generated Content (UGC) adalah tren digital marketing yang menggunakan konten, seperti foto, video, atau tulisan, yang dibuat oleh pengguna produk dan diunggah kembali oleh akun brand di sosial media. 

Keunggulan UGC terletak pada kemampuannya untuk membangun kepercayaan konsumen, karena mereka dapat melihat pengalaman nyata pengguna produk tersebut.

Saat ini, UGC masih banyak diterapkan terutama di platform Instagram.

7. Konten AI

Konten Digital Marketing 2023 yakni AI mengacu pada penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam strategi pemasaran digital.

Dengan memanfaatkan teknologi AI, konten digital dapat dioptimalkan secara cerdas untuk menarik audiens, meningkatkan interaksi, dan memberikan pengalaman yang lebih personal. 

Dari analisis data hingga pembuatan konten yang disesuaikan, integrasi AI dalam konten digital marketing menghadirkan dimensi baru dalam efektivitas dan relevansi kampanye pemasaran.

Baca juga: Mengelola Media Sosial untuk Bisnis dengan Baik 

8. Email Marketing

Email marketing tetap efektif di tengah inovasi teknologi digital. Berbeda dengan media sosial yang mungkin membatasi jangkauan konten.

Baca Juga :  5 Ciri Konten Digital Marketing Anda Sukses, Simak disini!

Email marketing memastikan semua informasi promosi sampai ke target konsumen tanpa terpengaruh oleh pengaturan waktu atau filter.

Tren personalisasi dalam email marketing memungkinkan Anda menyajikan konten yang sesuai dengan aktivitas dan preferensi pengguna, seperti menyebutkan nama pengguna pada kalimat pembuka. 

Dengan strategi yang tepat, Anda dapat menjaga keberhasilan kampanye email marketing, membuat pengguna lebih dekat dengan bisnis Anda, dan mengatasi tantangan seperti bounce rate dan penurunan langganan.

9. Konten Marketing

Kontent digital marketing 2023 adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten bermanfaat untuk menarik dan mempertahankan audiens, serta memperkuat citra merek dan meningkatkan penjualan.

Konten dalam content marketing melibatkan artikel blog, video, infografis, podcast, gambar, dan berbagai bentuk konten online lainnya.

Dibuat dengan memahami kebutuhan audiens, konten ini bertujuan memberikan nilai tambah dan memecahkan masalah bagi konsumen.

Keuntungan utama dari content marketing adalah kemampuannya membangun hubungan dekat dengan audiens tanpa tekanan penjualan.

Dengan konten berkualitas, merek dapat membangun kepercayaan dan kepuasan konsumen, meningkatkan kemungkinan konsumen memilih merek tersebut di masa depan.

10. Konten SEO

Pergeseran dari belanja offline ke online telah memaksa bisnis untuk memahami pentingnya digitalisasi. Salah satu langkahnya adalah dengan memiliki situs web yang dapat terakses oleh pelanggan.

Meskipun SEO bukan hal baru, strategi ini semakin populer karena perannya yang krusial dalam konteks pemasaran konten dan kolaborasi dengan influencer.

Dalam dunia digital saat ini, integrasi strategi SEO menjadi semakin mendalam dan relevan.

 

Posting Terkait

Memberikan Untung yang Banyak, Inilah Ide Jualan Makanan dengan Modal Kecil 
Terbukti Menguntungkan, Inilah Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer
Cukup Menguntungkan, Inilah Strategi Bisnis Angkringan yang Benar
Dijamin Untung, Inilah Tips Sukses Bisnis Snack Kiloan
8 Sosial Media untuk Promosi Bisnis, Dijamin Bikin Untung
8 Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Bijak, Dijamin Untung!
Menggali Potensi Teknologi Blockchain untuk Transformasi Industri
Cara Publik Speaking bagi Pemula, Dijamin Berhasil!

Posting Terkait

Selasa, 16 Januari 2024 - 22:11 WIB

Memberikan Untung yang Banyak, Inilah Ide Jualan Makanan dengan Modal Kecil 

Minggu, 14 Januari 2024 - 17:28 WIB

Terbukti Menguntungkan, Inilah Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer

Sabtu, 13 Januari 2024 - 17:08 WIB

Cukup Menguntungkan, Inilah Strategi Bisnis Angkringan yang Benar

Jumat, 12 Januari 2024 - 16:48 WIB

Dijamin Untung, Inilah Tips Sukses Bisnis Snack Kiloan

Senin, 1 Januari 2024 - 17:19 WIB

8 Sosial Media untuk Promosi Bisnis, Dijamin Bikin Untung

Jumat, 22 Desember 2023 - 18:01 WIB

8 Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Bijak, Dijamin Untung!

Jumat, 22 Desember 2023 - 08:57 WIB

Menggali Potensi Teknologi Blockchain untuk Transformasi Industri

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:41 WIB

Cara Publik Speaking bagi Pemula, Dijamin Berhasil!

Posting Terbaru

Tech

10 Shortcut Microsoft Word Penting untuk Pemula

Kamis, 13 Jun 2024 - 09:59 WIB