Memilih Plugin Terbaik WordPress? Begini Caranya!

- Co-Author

Rabu, 10 Januari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bizzyantum – Seperti yang telah kita ketahui, di dalam direktori resmi WordPress.org terdapat lebih dari 43.000 plugin terbaik WordPress yang menjadikannya sebagai salah satu CMS paling terkenal di dunia. Dengan jumlah yang begitu melimpah ini, tidaklah mengherankan jika banyak pengguna merasa kesulitan dalam memilih plugin yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meskipun bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam menggunakan WordPress, hal ini mungkin bukan menjadi masalah yang signifikan. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana dengan para pemula yang mungkin merasa terombang-ambing di tengah lautan opsi ini? Dengan berbagai kategori plugin yang berbeda, apakah memang bijak mencoba satu per satu sebelum menentukan pilihan terbaik? Tentu saja, jawabannya tidak mungkin.

Sebagai pemula, memahami ciri-ciri plugin terbaik untuk kategori tertentu bisa menjadi suatu tantangan. Bagaimana cara mengetahuinya tanpa harus melakukan percobaan langsung? Inilah saatnya untuk memahami panduan lengkap yang dapat membimbing Anda dalam memilih plugin WordPress yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

7 Cara Mudah Memilih Plugin Terbaik WordPress

Berikut adalah beberapa panduan untuk memilih plugin terbaik bagi situs WordPress Anda:

Baca Juga :  Cara Menulis Artikel di WordPress, Panduan Lengkap dan Mudah!

Plugin Terbaik WordPress

1.      Pencarian Plugin WordPress

Mulailah pencarian plugin melalui fitur pencarian di direktori WordPress.org. Meskipun fitur pencarian ini memberikan rekomendasi yang cukup baik, namun tidak selalu memberikan ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan setiap plugin. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menggunakan pencarian Google dengan kata kunci tertentu guna mendapatkan testimoni lengkap dari pengguna lain.

2.      Deskripsi Plugin

Setelah menemukan plugin yang potensial, periksa deskripsi singkatnya di tab Description. Informasi ini mencakup berbagai detail mengenai fungsionalitas, keunggulan, fitur-fitur, dan lainnya. Hal ini penting sebagai langkah awal untuk menilai kelayakan penggunaan plugin.

Di sidebar sebelah kanan, Anda juga dapat menemukan informasi kritis mengenai persyaratan versi minimum WordPress yang diperlukan dan kompatibilitas dengan versi terbaru. Pastikan untuk memperhatikan tanggal terakhir pembaruan dan jumlah unduhan, yang mencerminkan popularitas dan pemakaian plugin.

Baca Juga :  Laku Di Pasaran, Inilah Tanaman Budidaya yang Cepat Panen

Sebaiknya hindari menginstal plugin yang tidak diperbarui dalam waktu yang lama, sekitar 1-2 tahun, karena ini dapat menandakan bahwa plugin tersebut diabaikan oleh pengembang dan berisiko terhadap serangan hacker atau malware.

3.      Rating Plugin

Di sidebar, lihat penilaian pengguna terhadap plugin. Jumlah bintang menunjukkan kualitas, dengan lima bintang sebagai yang tertinggi dan satu bintang sebagai yang terendah. Terkadang, meskipun rating rendah, plugin tetap berkualitas, terutama jika mayoritas memberi rating 4 atau 5 bintang.

4.      Review Pengguna

Ketika memberi rating, lihat review pengguna dengan mengklik jumlah bintang yang relevan. Meskipun review ini mungkin tidak selengkap ulasan di blog atau situs lain, isi dan alasan dari review memberikan gambaran lebih jelas tentang kualitas plugin.

5.      Kualitas Support Plugin

Periksa kualitas dukungan yang disediakan oleh pengembang saat menghadapi masalah. Jika sebuah plugin memiliki banyak masalah, jangan cepat-cepat menganggap kualitasnya buruk. Setiap plugin memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi yang paling penting adalah dukungan yang konsisten dari pengembang resmi.

Baca Juga :  Cara Menginstal Plugin di WordPress Dengan Mudah

Jika plugin mengalami masalah yang tidak terselesaikan dan pengembang tidak merespons selama satu bulan terakhir, ini dapat menjadi indikasi bahwa plugin tersebut tidak lagi mendapatkan dukungan aktif dan pengembang kehilangan minat untuk mengembangkannya.

6.      Screenshot Plugin

Screenshot plugin dapat memberikan gambaran yang lebih jelas daripada deskripsi, terutama dalam hal tampilan dan navigasi. Perhatikan apakah plugin tersebut terpasang pada versi terbaru WordPress dan apakah ada perubahan signifikan dalam tampilan atau fitur.

7.      Minta Rekomendasi di Forum atau Komunitas WordPress

Manfaatkan komunitas WordPress yang luas dengan meminta rekomendasi plugin terbaik. Bergabunglah dengan forum atau komunitas WordPress, baik secara global maupun lokal, untuk mendapatkan saran dari pengguna berpengalaman. Mereka dapat memberikan wawasan berharga, berbagi pengalaman, dan membantu memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan memperhatikan panduan-panduan tersebut, diharapkan Anda dapat membuat keputusan yang bijak dalam memilih plugin untuk situs WordPress Anda. Selalu ingat untuk mengutamakan kualitas, keamanan, dan dukungan pengembang agar pengalaman penggunaan plugin menjadi lebih lancar dan efektif. Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas WordPress untuk mendapatkan rekomendasi lebih lanjut dan berbagi pengetahuan dengan sesama pengguna. Semoga situs WordPress Anda berkembang dengan baik dan sukses!

Posting Terkait

Kuasai Excel dengan Cepat! 10 Tips Singkat untuk Bekerja Lebih Efisien
Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar, Fresh Graduate Wajib Tahu
Cara Mempelajari Keahlian Microsoft Excel untuk Sains dan Riset
Cara Embed YouTube Ke WordPress, Benarkah Lebih Mudah
Cara Melacak dan Menganalisis Kinerja Kampanye Marketing Anda dengan Excel
Analisis Data Dengan Excel: Jadilah Detektif Data yang Handal
Kuasai Makro Excel Untuk Menghemat Waktu Dan Tenaga Anda
XLOOKUP dan VLOOKUP: Duel Fungsi Excel untuk Pencarian Data yang Lebih Akurat

Posting Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 16:04 WIB

Kuasai Excel dengan Cepat! 10 Tips Singkat untuk Bekerja Lebih Efisien

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:58 WIB

Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar, Fresh Graduate Wajib Tahu

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:56 WIB

Cara Embed YouTube Ke WordPress, Benarkah Lebih Mudah

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:02 WIB

Cara Melacak dan Menganalisis Kinerja Kampanye Marketing Anda dengan Excel

Selasa, 9 Juli 2024 - 10:41 WIB

Analisis Data Dengan Excel: Jadilah Detektif Data yang Handal

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:01 WIB

Kuasai Makro Excel Untuk Menghemat Waktu Dan Tenaga Anda

Jumat, 5 Juli 2024 - 08:32 WIB

XLOOKUP dan VLOOKUP: Duel Fungsi Excel untuk Pencarian Data yang Lebih Akurat

Selasa, 2 Juli 2024 - 22:46 WIB

Cara Kuasai Rumus Dasar Microsoft Excel dalam Sekejap, Panduan untuk Pemula!

Posting Terbaru

ArtHome

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Jul 2024 - 06:52 WIB