Mitsubishi L300 Evolusi Minimalis, Performa Maksimal

- Co-Author

Senin, 18 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BizzyantumMitsubishi L300, sebuah kendaraan pick-up yang telah mengukir sejarah panjang dalam pasar otomotif Indonesia, menjadi simbol keberhasilan dan keandalan sejak era 1980-an. Kehadirannya sebagai salah satu pilihan utama dalam kategori kendaraan niaga ringan tidak hanya menjadi sebuah ikon, tetapi juga menjadi bukti keunggulan yang abadi.

Dengan minimnya cacat dan kelemahan, Mitsubishi L300 telah membuktikan dirinya sebagai legenda hidup yang terus eksis dan relevan hingga hari ini. Sebelum merambah ke pasar Indonesia, Mitsubishi L300 telah menorehkan jejaknya dalam sejarah global sebagai Delica, bahkan terlibat dalam arena balap bergengsi. Namun begitu memasuki Indonesia, peran L300 sebagai kendaraan angkutan barang dan penumpang menjadi sangat diandalkan dan di percaya.

Menariknya, dalam beberapa tahun yang terakhir, Mitsubishi ini memperkenalkan Delica sebagai sebuah MPV premium untuk segmen menengah ke atas, sementara L300 tetap mempertahankan posisinya sebagai kendaraan niaga. Meskipun keduanya memiliki akar yang sama, namun kini keduanya menempuh jalur yang berbeda dalam pasar otomotif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketika L300 pertama kali di perkenalkan, terdapat dua varian utama, yakni yang menggunakan bahan bakar solar dan yang menggunakan bensin. Namun, varian bensin sayangnya tidak mampu bersaing dengan popularitas varian solar dan akhirnya lenyap dari pasaran. Padahal, L300 varian bensin ini memiliki performa akselerasi yang lebih superior, menambahkan catatan menarik dalam sejarahnya.

Mitsubishi L300 Evolusi Minimalis, Performa Maksimal

Sejak debutnya pada tahun 1981, Mitsubishi L300 telah menjadi ikon yang melekat dalam benak penggemar kendaraan komersial. Meskipun pasar global menyaksikan evolusi cepat Mitsubishi Delica, yang bertransformasi menjadi sebuah minibus dengan kemampuan off-road yang mengesankan, nasib L300 di Indonesia tetap setia pada fungsinya sebagai mobil pengangkut barang dan penumpang komersial. Dengan desain yang konsisten dan sedikit perubahan dari generasi ke generasi, siluet kotaknya telah menjadi ciri khas yang tidak berubah sejak masa lalu.

Baca Juga :  Tantangan Berat Prabowo Subianto di Balik Jabatan Presiden RI

mobil niaga terbaik

Untuk memahami perkembangan L300, kita dapat melihat perbedaan antara generasi pertama dan kedua. Generasi pertama dapat di kenali dengan mudah dari kabinnya yang kotak dan lampu depan bulat yang mencolok. Merek “Mitsubishi” di tampilkan dengan bangga di tengah-tengah lampu utama yang besar. Namun, pada generasi kedua, desain lampu depan mengalami perubahan menjadi bentuk kotak yang lebih modern.

Meskipun Mitsubishi Indonesia tidak mengabaikan karakteristik visual khas L300, tetapi gaya klasiknya yang merujuk pada era 80-an tetap di pertahankan. Mesinnya masih di tempatkan di bawah jok, menciptakan pengalaman berkendara yang akrab bagi para penggemar. Bahkan pada versi terbaru, sentuhan modern di tambahkan dengan motif garis dan segitiga yang menghiasi grille-nya.

Baca Juga :  Teknologi Medis Masa Depan: Inovasi yang Akan Mengubah Perawatan Kesehatan

Meskipun terdapat beberapa upaya modernisasi, bentuk kotak L300 tetap tak tergoyahkan, bahkan pada versi minibus yang hanya mengalami sedikit perubahan pada bagian belakang. Meskipun telah mengalami lima kali “evolusi”, perubahan paling mencolok terletak pada desain lampu depan yang beralih dari bulat menjadi kotak.

Ketangguham Mitsubishi L300

Mitsubishi L300 telah membuktikan ketangguhannya dengan berpartisipasi dalam ajang Paris Dakar, menegaskan reputasinya sebagai kendaraan yang andal dan tangguh. Bahkan julukan lokalnya, Elsapek, yang merupakan kependekan dari eL 300 dalam bahasa China Hokian, mencerminkan popularitasnya yang tak terbantahkan di masyarakat.

Mitsubishi L300

Interior Elsapek mungkin terasa sederhana, namun fokusnya pada kenyamanan pengemudi dan penumpang membuatnya tetap di minati. Bahkan dengan pergantian zaman, kebiasaan perpindahan gigi yang tradisional di balik setir tetap di pertahankan, memberikan sentuhan nostalgis kepada pengguna yang setia.

Versi pikap dari Elsapek juga mendapat sambutan hangat, terutama karena kekuatan sasisnya yang tak tertandingi. Fenomena overload saat memuat barang mungkin sudah menjadi hal yang umum di Indonesia. Tetapi Elsapek terbukti mampu menanggung beban berat tersebut tanpa masalah pada kaki-kakinya.

Baca Juga :  Reaksi PDIP Terhadap Pernyataan Prabowo Subianto Tentang Bung Karno

Dalam komunitas Jawa, Mitsubishi L300 di anggap sebagai simbol ketahanan dan keandalan yang telah bertahan dari masa ke masa. Meskipun desainnya sudah jadul dan sedikit berubah dari waktu ke waktu, pengguna Elsapek dengan bangga menyebutnya sebagai “gapuro kabupaten” yang mengingatkan pada keteguhan dan keandalan kendaraan dari era Majapahit.

Interior Sederhana Elsapek Minibus

Meskipun tahun telah berganti menjadi 2019, sedikit sekali perubahan yang terjadi di dalam L300. Kendaraan minibus ini masih mengandalkan dimensi yang luas namun dengan fitur yang sederhana. Dalam usahanya menciptakan kenyamanan, Mitsubishi telah menambahkan AC Double Blower. Kursi yang dapat di rebahkan untuk setiap penumpang, serta head unit untuk memutar musik dari CD atau MP3 player.

Ruangan penyimpanan barang di versi minibus terasa cukup terbatas karena terbatasnya ruang di belakang kursi terakhir. Untuk mengatasi masalah ini, pihak karoseri biasanya menambahkan pintu belakang agar memudahkan akses penyimpanan barang. Namun demikian, hal ini masih belum sebanding jika di bandingkan dengan Hiace terbaru yang memiliki atap tinggi, sehingga memberikan ruang bagasi yang lebih besar.

Dengan demikian, meskipun L300 masih menawarkan kenyamanan dengan fitur-fitur yang telah di sematkan. Perbandingan dengan pesaing terbarunya menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk peningkatan dalam hal ruang penyimpanan barang.

Posting Terkait

Bocoran Terbaru Menteri Prabowo-Gibran dari Elite TKN
Pelita Prabu Berkomitmen untuk Mewujudkan Politik Bersih di Jawa Timur
Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur
Isu Banjir Impor Akibat Program Makan Siang Gratis Prabowo, TKN Angkat Suara
Kabinet Prabowo-Gibran: Peran Strategis Anak Muda di dalam Kabinet
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Ungkap Klaim Kontroversial Terkait Relawan
Reaksi PDIP Terhadap Pernyataan Prabowo Subianto Tentang Bung Karno
Dubes Palestina Yakin Prabowo-Gibran Konsisten pada Dukungan Palestina

Posting Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 19:49 WIB

Bocoran Terbaru Menteri Prabowo-Gibran dari Elite TKN

Rabu, 15 Mei 2024 - 10:29 WIB

Pelita Prabu Berkomitmen untuk Mewujudkan Politik Bersih di Jawa Timur

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:46 WIB

Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur

Selasa, 14 Mei 2024 - 06:04 WIB

Isu Banjir Impor Akibat Program Makan Siang Gratis Prabowo, TKN Angkat Suara

Senin, 13 Mei 2024 - 06:18 WIB

Kabinet Prabowo-Gibran: Peran Strategis Anak Muda di dalam Kabinet

Minggu, 12 Mei 2024 - 07:30 WIB

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Ungkap Klaim Kontroversial Terkait Relawan

Sabtu, 11 Mei 2024 - 17:52 WIB

Reaksi PDIP Terhadap Pernyataan Prabowo Subianto Tentang Bung Karno

Jumat, 10 Mei 2024 - 20:05 WIB

Dubes Palestina Yakin Prabowo-Gibran Konsisten pada Dukungan Palestina

Posting Terbaru

Computer

Tips Memperpanjang Umur Baterai MacBook, Dijamin Ampuh 100%!

Sabtu, 27 Jul 2024 - 11:01 WIB

Computer

Kenapa MacBook Lemot Padahal Baru Beli? Ini Jawabannya!

Jumat, 26 Jul 2024 - 07:36 WIB