PMI Atasi Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang, Cek Faktanya di Sini

- Co-Author

Sabtu, 16 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PMI Atasi Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang, Cek Faktanya di Sini (https://www.pexels.com/id-id/pencarian/KEKERINGAN/)

i

PMI Atasi Krisis Air Bersih Akibat Kemarau Panjang, Cek Faktanya di Sini (https://www.pexels.com/id-id/pencarian/KEKERINGAN/)

Bizzy.my.id – Kasus kemarau panjang yang melanda Indonesia menyebabkan PMI turun tangan. Hal itu karena dampak dari kemarau panjang yang mana persediaan air pada daerah tertentu mengalami kekurangan.

Bahkan akibatnya memberikan kehidupan yang memburuk untuk masyarakat, khususnya ekonomi dan pertanian. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Indonesia sering mengalami kekeringan pada musim kemarau.

Curah hujan yang rendah inilah memicu persediaan air menjadi terbatas seperti waduk, aliran air, sumur dan sungai. Lantas seperti apa sepak terjang dari tugas PMI?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Apa Yang diMaksud PMI?

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kamu mengetahui Apa kepanjangan dari PMI. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa PMI merupakan garda terdepan di bidang perhimpunan nasional.

Visi dan misi dari organisasi ini adalah kemandirian, kesatuan, kenetralan, kesamaan dan kesukarelaan. Organisasi ini merupakan lembaga netral yang mana tidak memihak manapun dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan demikian, sebuah organisasi yang mementingkan keselamatan jiwa yang mana membutuhkan pertolongan. Hal inilah yang melandasi organisasi tersebut bergerak untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami oleh Indonesia.

Lantas bantuan kemanusiaan dan kesukarelaan apakah yang pada akhirnya organisasi tersebut selesaikan? Nah, daripada kamu penasaran segera simak informasi yang akan Mimin sampaikan berikut ini, yaitu:

Bantuan Kemanusiaan Oleh PMI

PMI erat hubungannya dengan aktivitas kemanusiaan yang mana hal tersebut telah  tertuang dalam deklarasi Hanoi. Dimana hal tersebut telah diresmikan di konferensi palang merah dan bulan sabit merah di Jenewa Swiss 1999 ke-27.

Baca Juga :  Mau Tahu Tren Pendidikan Di Indonesia? Intip Ulasannya

Ikrar dari palang merah Indonesia inilah yang pada akhirnya dapat meringankan Indonesia. Seperti yang kamu ketahui bahwa saat ini seluruh dunia telah mengalami kekeringan dampak dari kemarau panjang.

Saat ini garda terdepan dari seluruh umat manusia adalah organisasi kemanusiaan. Beberapa pelayanan yang telah PMI berikan selama terjadinya musibah kemarau panjang, yaitu:

PMI Menyalurkan Air Bersih di Grobogan 

Hari Jumat 15 September 2023, organisasi kemanusiaan ini telah memberikan bantuan air bersih bagi warga Grobogan. Bantuan air bersih sudah berada di desa teguhan Depok toroh Jawa Tengah mulai 24 Juli sampai dengan 15 September 2023.

Desa di Grobogan yang mengalami kekeringan ada 56 desa 17 kecamatan. Untuk bantuan air bersih tersebut sebanyak 570.000 liter telah menyelamatkan warga yang alami kekeringan.

Bantuan Air Bersih di Depok

Semenjak terjadinya krisis air bersih, Palang merah Indonesia beserta jajarannya telah banyak membantu masyarakat. Salah satu masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan adalah Kota Depok.

Pihaknya telah menyalurkan air bersih kepada 3.236 warga Cipayung atau 809 kepala keluarga. Palang merah Indonesia pusat telah mendistribusikan air bersih tersebut menggunakan truk tangki.

Menurut kepala markas PMI Kota Depok, yaitu Imron Maulana menyebutkan bahwa telah menurunkan 6 relawan. Hal ini guna mengatasi krisis air bersih ke rumah warga selama 3 hari.

Selama tiga hari tersebut warga Depok telah mendapatkan bantuan air bersih. Di mana pihak dari palang merah Indonesia telah memberikan sebanyak 15000 liter dengan kapasitas 5000 liter.

Semua itu tak lepas dari kerjasama antara perseroan terbatas Tirta asas Depok perseroda. Dengan bantuan tersebut semoga bermanfaat bagi warga yang ada di kota Depok.

Baca Juga :  Disukai Banyak Orang, Inilah Cara Menanam Durian Montong dengan Mudah

PMI Salurkan 25 Tangki di Temanggung 

Selain Kota Depok PMI juga menyalurkan bantuan air bersih di kabupaten temanggung Jawa Tengah. Pihaknya telah memberikan bantuan air bersih kepada warga sebanyak 25 tangki di daerah yang alami kekeringan.

Wilayah yang telah mendapatkan bantuan tersebut adalah Kandangan Pringsurat Kranggan bejen dan bulu. Hal tersebut seperti yang telah disampaikan oleh ketua PMI kabupaten temanggung, yaitu  Bambang Dewantoro.

Bantuan air bersih tersebut telah menyelamatkan sekitar 550 jiwa yang ada di kabupaten temanggung. Menurut Bambang Dewantoro menyebutkan bahwa aksi kemanusiaan ini guna memenuhi kebutuhan minum dan memasak.

Aksi kemanusiaan tersebut akan terus berjalan hingga musim hujan tiba. Dengan demikian, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk menjalankan kehidupan perekonomian, seperti memasak dan berjualan.

Bantuan Air Bersih di Banten

Sebagai organisasi kemanusiaan saat ini Palang merah Indonesia adalah garda terdepan bagi warga seluruh dunia. Aksinya tersebut telah menyelamatkan para warga yang mengalami kekeringan.

Tidak hanya Kota Depok dan temanggung saja Bahkan provinsi Banten pun juga mengalami kekeringan. Pihak dari Palang merah Indonesia pun pada akhirnya memperluas wilayah yang alami krisis air bersih.

Empat tangki PMI pusat kerahkan demi mengatasi bencana kekeringan yang sedang terjadi tidak hanya di Banten. Bahkan pihaknya juga memperluas wilayahnya hingga ke kabupaten Pandeglang serta Lebak.

Tidak hanya aksi kemanusiaan dalam memberikan pasukan air bersih saja. Namun, organisasi kemanusiaan ini bekerja sama dengan pelayanan kesehatan memberikan bantuan untuk berobat secara gratis.

Musim kemarau yang panjang memunculkan berbagai jenis penyakit menghinggapi warga. Itulah mengapa PMI memberikan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak kekeringan.

PMI Mendistribusikan Air Bersih Di SukaBumi

Hampir semua wilayah yang ada di Indonesia mengalami kekeringan termasuk di daerah Sukabumi Jawa Barat. Isra Yanuar telah menyampaikan kekurangan air bersih yang sudah meresahkan warga.

Baca Juga :  Permainan Online Free Untuk Android Milikmu, Intip Ulasannya

Itulah mengapa PMI menyalurkan air bersih ke 328 jiwa atau 88 kepala keluarga di kecamatan lembursitu. Dalam memberikan bantuan, organisasi kemanusiaan tersebut telah berkolaborasi dengan perumda dan BPBD.

Dalam mendistribusikan air bersih organisasi kemanusiaan telah menurunkan pemadam kebakaran, Tagana dinas sosial dan satpol PP. Hal tersebut dilakukan agar bisa membantu warga yang mengalami kekeringan secara merata.

PMI Memberikan Air Bersih Untuk Warga Jatinegara 

Bupati Tegal umi Azizah bersama dengan PMI dan baznas telah memberikan bantuan air bersih di kecamatan Jatinegara tepatnya Desa Tamansari. Bantuan tersebut telah menyelamatkan 9 desa di 4 kecamatan.

Menurut informasi dari Bupati Tegal penentuan tersebut sudah pihaknya salurkan sebanyak 108.000 liter. Tidak hanya memberikan bantuan air bersih namun juga mencukupi kebutuhan sanitasi dan makan.

Kekeringan yang terjadi setiap tahun menjadi momok menakutkan bagi para warga. Mengapa Bupati umi memberikan dorongan kepada pemerintah Desa untuk mengatasi skema kekeringan dengan membuat hidran umum.

Hidran umum inipun sudah menyelamatkan warga Yogyakarta ketika musim kemarau tiba. Masyarakat Yogyakarta bisa memanen air hujan menuju ke tangki atau bak penampungan di sumur resapan.

Air ini nantinya berguna pada saat musim kemarau, dengan begitu warga Yogyakarta tidak akan mengalami kekeringan. Bahkan sanitasi bersih tersebut bisa menghindarkan warga dari penyakit cacingan dan diare pada balita.

Penutup

Dampak kemarau panjang yang melanda seluruh dunia menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan air bersih. Kasus ini membuat palang merah Indonesia menurunkan jajarannya untuk mendistribusikan air bersih.

Dengan begitu, masyarakat bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kendala. Bahkan demi menyelamatkan semua warga PMI bekerja sama dengan dinas Kesehatan memberikan bantuan kesehatan seperti pengobatan gratis.

Program ini pun sangat membantu semua masyarakat di seluruh lapisan yang terdampak kekeringan. Bahkan ada beberapa usulan yang menyampaikan bahwa membuat sanitasi penyimpanan air di saat musim hujan.

Di mana nantinya air tersebut akan dipasok ketika musim kemarau tiba. Hal inilah yang sudah warga Jogjakarta melakukan selama musim kemarau.

 

Penulis : Farah Mutiaranti

Posting Terkait

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?
Cara Menghitung Weton Jawa untuk Mengetahui Jodoh, Calon Pengantin Harus Tahu!
Prosesi Pernikahan Adat Bali yang Masih Populer di Zaman Modern
Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur
Mengatasi Banjir Rob Dengan Cara Ini!
Apa Saja Sih Penyebab Banjir Rob Itu? Cek disini!
4 Dampak Mengerikan Banjir Rob yang Mengancam Pesisir Indonesia
Banjir Rob: Pengertian, Ciri Dan Penyebab

Posting Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:52 WIB

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Juli 2024 - 06:00 WIB

Cara Menghitung Weton Jawa untuk Mengetahui Jodoh, Calon Pengantin Harus Tahu!

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:16 WIB

Prosesi Pernikahan Adat Bali yang Masih Populer di Zaman Modern

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:46 WIB

Kemenangan Satu putaran Prabowo Gibran, Pelita Prabu Bikin Program Anti Korupsi di Jawa Timur

Minggu, 24 Maret 2024 - 08:54 WIB

Mengatasi Banjir Rob Dengan Cara Ini!

Sabtu, 23 Maret 2024 - 05:06 WIB

Apa Saja Sih Penyebab Banjir Rob Itu? Cek disini!

Jumat, 22 Maret 2024 - 22:05 WIB

4 Dampak Mengerikan Banjir Rob yang Mengancam Pesisir Indonesia

Rabu, 20 Maret 2024 - 12:32 WIB

Banjir Rob: Pengertian, Ciri Dan Penyebab

Posting Terbaru

ArtHome

Weton Jodoh Ketemu 25, Benarkah Ada Solusinya?

Jumat, 12 Jul 2024 - 06:52 WIB